Wednesday, February 26, 2014

Review: Penerapan DEF pada Facebook (Bagian II: Feasibility Study)

feasibility study facebook

Setelah sebelumnya saya membahas tentang penerapan DEF pada Facebook bagian I: Diversifikasi, dan Exit Strategy, saya akan melanjutkan pembahasan ke feasibility study dari Facebook. Pada feasibility study Facebook, saya akan memakai model sederhana dengan menggunakan format yang tercantum di artikel format penulisan feasibility study. Format feasibility study ini terdiri dari 5 bagian yaitu:

  1. Executive Summary
  2. Produk dan Layanan Facebook
  3. Kondisi Pasar
  4. Harga, Keuntungan, dan Dampak Finansial
  5. Rencana Ke Depan Facebook

1. Executive Summary


Facebook adalah perusahaan yang bergerak sebagai penyedia layanan jejaring sosial online. Perusahaan didirikan pada 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg bersama rekan kuliahnya yang juga mahasiswa dari Harvard University yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Website ini mengizinkan para pengguna internet yang berusia setidaknya 13 tahun untuk bergabung sebagai anggota.

Facebook memiliki misi:
"To make the world more open and connected".
Jutaan orang datang ke Facebook setiap harinya dan terhubung dengan teman dan keluarga. Facebook membuat pengguna menemukan apa yang sedang terjadi di sekitar mereka, lalu berbagi dan menyampaikan berbagai hal kepada orang-orang di dalam jejaring pertemanannya.

Facebook menawarkan facebook platform untuk membuat aplikasi dan website yang terintegrasi dengan Facebook agar menjangkau jejaring pengguna global dan membuat produk yang lebih bersifat personal sekaligus sosial. Mereka juga menawarkan kombinasi unik dari jangkauan, relevansi, konteks sosial, dan keterikatan pada nilai iklan yang diterbitkan melalui Facebook. Facebook berencana untuk membuat komunikasi yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih kaya pada setiap orang serta membuat mereka menjadi bagian yang terhubung dalam kehidupan sehari-hari para pengguna.

2. Produk dan Layanan Facebook

Secara umum, ada empat layanan yang tersedia di Facebook yaitu:

  • Timeline
    Timeline membuat pengguna mampu mengelola dan menampilkan acara dan kegiatan yang menurut mereka penting. Timeline juga membuat pengguna mampu memeriksa ingatan mereka pada cerita-cerita pribadi yang diatur menurut kronologis.
  • News Feed
    News Feed merupakan fitur inti dari halaman utama anggota facebook dengan daftar update yang tampil secara rutin. News feed berisikan cerita dari teman, page, dan entitas dimana anggota terhubung dengannya melalui Facebook.
  • Photos and Videos
    Facebook merupakan layanan upload foto yang paling populer di web. Setiap anggota dapat mengupload gambar tak terbatas dengan foto beresolusi tinggi. Mereka juga bisa membuat album foto dan membagikannya kepada teman atau orang-orang tertentu di jaringan mereka.
  • Messages
    Messages yang ditawarkan Facebook termasuk email, chat, dan pesan teks. Setiap pesan terkirim dan dapat diakses pada setiap perangkat yang digunakan anggota Facebook.

Selain layanan, Facebook juga mengakuisisi sejumlah produk untuk memperluas jangkauan pasar, memperkuat basis operasi, atau mempertahankan posisi dalam kompetisi bisnis. Hingga kini, terdapat 45 perusahaan yang telah diakuisisi Facebook, yang terbaru adalah Whatsapp. Beberapa diantara 45 perusahaan yang telah diakuisisi Facebook merupakan pemimpin pasar di bidangnya seperti Instagram (apps photo sharing), Lightbox (apps photo blogging), dan WhatsApp (apps instant messages).

3. Kondisi Pasar

Facebook menguasai 5,7% pangsa pasar iklan digital di seluruh dunia pada tahun 2013. Industri iklan digital di 2013 sendiri tumbuh 13% di tahun 2013 menurut data eMarketer. Lebih dari 1,23 miliar anggota aktif di Facebook tercatat pada Januari 2014. Menurut data dari wearesocial, Facebook juga menguasai 83% share waktu yang dihabiskan pengguna social media.

Meski kondisi diatas terkesan memuaskan, Facebook juga memiliki problem yang harus diatasi terkait kondisi pasar yang mereka masuki. Pertumbuhan pengguna smartphone yang signifikan disertai dengan penetrasi smartphone murah tentu akan membuat pasar jejaring sosial melalui smartphone semakin menarik. Facebook sendiri mengakui bahwa mereka belum mampu membuat perangkat atau fitur mobile yang menarik bagi pengguna. Ini disampaikan pada laporan tahunan Facebook 2012.

Facebook juga mengaku gagal mengembangkan fitur yang inovatif dan menarik bagi anggota. Begitu juga adanya ancaman teknologi baru dimana Facebook sering terlambat hadir di dalamnya, misalnya fitur filter pada gambar yang kini menjadi andalan Instagram. Facebook juga melihat bahwa mereka belum mampu memberi customer services yang tepat dan disukai oleh pengguna, marketer, dan developer. Hal ini menggambarkan bahwa meski pasar yang masih berpotensi terus tumbuh, Facebook juga memiliki kelemahan yang harus segera diatasi.

4. Harga, Keuntungan, dan Dampak Finansial

Berikut kondisi finansial dari Facebook yang diuraikan dalam angka.

  • Revenue (2013) : US$ 7,87 miliar
  • Operating Income (2013) : US$ 2,8 miliar 
  • Net Income (2013) : US$ 1,5 miliar
  • Kapitalisasi Pasar (2013) : US$ 134 miliar
  • Total Aset (2013) : US$ 17,89 miliar
  • Total Ekuitas (2013) : US$ 15,47 miliar

Selain itu, Facebook telah mempekerjakan 6.337 pegawai pada Desember 2013. Perusahaan ini selalu tumbuh diatas 30% per tahun dan di 2013 pendapatan mereka tumbuh 55% dibanding 2012. Harga saham juga tumbuh sekitar 30% sejak IPO di 2012.

5. Rencana Ke Depan Facebook

Apa saja yang akan dilakukan Facebook dalam beberapa tahun ke depan? Berikut strategi Facebook yang disusun sebagai rencana pertumbuhan Facebook selama beberapa tahun ke depan.

  • Memperluas komunitas pengguna global.
  • Membangun produk sosial yang hebat agar menciptakan keterikatan sekaligus menyediakan pengalaman yang paling menarik bagi pengguna.
  • Membuat produk mobile yang menarik dan mudah diakses.
  • Memudahkan developer untuk membuat produk sosial yang hebat menggunakan platform Facebook.
  • Mengembangkan produk iklan bagi marketer dan pengguna.
  • Mengembangkan infrastruktur yang tepat untuk menyediakan pengalaman produk yang terbaik, kokoh, dan handal.


Kesimpulan

Langkah terakhir yang harus dilakukan dari feasibility study adalah menentukan seberapa besar tingkat kelayakan bisnis atau projek untuk memenuhi tujuan dari kajian yang dilakukan. Dalam kasus feasibility study sederhana yang saya lakukan, saya ingin mengetahui apakah Facebook merupakan perusahaan yang layak untuk berinvestasi dalam jangka waktu 3 tahun mendatang?

Terkait dengan tujuan ini, sebenarnya ada banyak cara-cara lainnya yang dapat digunakan. Feasibility study hanya dibuat untuk mengetahui tingkat kelayakannya, bukan untuk mengetahui atau memprediksi nilai return yang dihasilkan. Karena ini bentuk feasibility study yang sangat sederhana, tentu saja hasil analisis dari feasibility study ini tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Mungkin tingkat keakuratannya hanya 50%. Artinya bisa benar, bisa salah.

Nah, untuk melihat seberapa layak investasi Facebook dalam jangka waktu 3 tahun ke depan, kita harus menentukan parameter apa saja yang dibutuhkan terkait hal ini. Dalam kasus ini, saya berasumsi menggunakan 8 parameter yang tanpa alasan (alias ngasal). Jika anda membuat feasibility study, gunakan parameter dengan dasar teori tertentu yang dibuat dan diakui oleh bidang akademis atau asosiasi terkait.

8 Parameter yang saya nilai untuk Facebook adalah: tingkat keaktifan pengguna, pangsa pasar, pertumbuhan pasar, pertumbuhan pendapatan, pertumbuhan keuntungan, margin keuntungan, pertumbuhan harga saham, dan prospek rencana jangka panjang. Jika Facebook memenuhi paling sedikit 6 dari 8 parameter yang saya tentukan, artinya Facebook layak untuk menjadi pilihan investasi saya dalam 3 tahun ke depan.

Berikut hasil penilaian saya untuk mengetahui kelayakan investasi Facebook dalam 3 tahun ke depan.

Tingkat keaktifan pengguna (Terpenuhi)
Syarat: 800 juta user aktif per bulan
Kondisi Facebook: 1,23 miliar user aktif per bulan

Pangsa Pasar (Terpenuhi)
Syarat: 60% dari pengguna social media menghabiskan waktu di Facebook
Kondisi Facebook: 83%

Pertumbuhan Pasar (Tidak Terpenuhi)
Syarat: 20% iklan digital tumbuh per tahun
Pertumbuhan Pasar Iklan Digital: 13%

Pertumbuhan Pendapatan (Terpenuhi)
Syarat: naik 20% di 2013
Kondisi Facebook: naik 55% di 2013

Pertumbuhan Keuntungan Bersih (Terpenuhi)
Syarat: naik 25% di 2013
Kondisi Facebook: naik 28 kali lipat lebih di 2013

Margin Keuntungan Bersih (Tidak Terpenuhi)
Syarat: 25% dari pendapatan 2013
Kondisi Facebook: 19,16% dari pendapatan 2013

Pertumbuhan Harga Saham (Terpenuhi)
Syarat: 25% di 2013
Kondisi Facebook: 30% di 2013

Prospek Rencana Jangka Panjang (Terpenuhi)
Syarat: Memiliki 2 Rencana dari 3 bidang berikut: Advertising, Cloud Computing, Mobile Users
Kondisi Facebook: Memiliki rencana pada ketiganya.

Dari hasil penilaian pada 8 parameter ini, Facebook memenuhi 6 dari 8 parameter dari syarat yang saya tentukan. Oleh karena itu, menurut uji kelayakan yang saya lakukan, Facebook layak untuk menjadi pilihan investasi dalam jangka waktu 3 tahun ke depan. Tentu setiap orang punya penilaian masing-masing, apalagi kasus ini memang tidak dianalisis menggunakan cara-cara yang tersusun secara baku atau ilmiah.

Nah, seperti inilah contoh penerapan dari feasibility study. Saya telah tuntas membahas review untuk diversifikasi, exit strategy, dan feasibility study. Di artikel berikutnya saya akan membahas istilah bisnis dengan huruf awal G. Saya memilih Gross Profit Margin atau Margin Keuntungan Kotor. Kita beralih dari sebelumnya tentang strategi bisnis, kini ke bidang finansial. Selamat mengembangkan bisnis.

No comments:

Post a Comment